ARJUNA Blog

Believe In yourself, don't let the people discourage you

Popular Post

Ads Here

Minggu, 06 Juli 2014

Cara mempercepat startup windows 7 dan 8 dijamin AMPUH !!

Selamat malam sobat, gimana puasanya ? masih lancar kan? Alhamdulillah kalo gitu.

Oke, kali ini saya akan share lagi sedikit tentang cara mempercepat startup windows biar gak lama banget.

ini berawal dari pengalamn saya, waktu itu saya mau menghidupkan laptop. Saya pun terkejut ketika waktu yang diperlukan untuk menghidupkan laptop sampai posisi standby nyampek 10 menit. Saya sempat googling dan akhirnya saya menemukan cara yang lumayan ampuh. Sebenarnya sih ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Yang pertama adalah mengubah setting pada windownya.
Yang kedua adalah install ulang aja windowsnya.

Kalo kalian juga pernah mengalami hal tersebut, kalian akan menemukan solusi yang sangat bagus di blog ini.
karena setelah saya ikuti cara tersebut, alhamdulillah sekarang saya udah gak harus nunggu lama saat menghidupkan laptop. Langsung aja nih perhatikan dan pahami langkah-langkahnya.

Cara pertama : Mengubah setting windows (windows 7)

  • Di desktop Klik start pilih Run, ketik msconfig, klik OK
  • Klik tab Startup, hilangkan centang program yang tidak terlalu anda butuhkan, jika suatu waktu anda membutuhkannya anda bisa mengaktifkannya kembali dengan memberi tanda centang
  • Klik tab sevice, anda bisa menghilangkan centang service yang dianggap tidak perlu, misal Automatic Update, Net meeting, Messenger
  • Klik tab Boot.ini Atur pada time out, anda bisa memasukkan angka 10 atau lebih besar dari sepuluh. Hati2 menggunakan angka yang lebih kecil dari 10 karena bisa membuat komputer anda tidak stabil. Proses ini akan mempercepat proses booting windows.
  • Klik OK lalu restart laptop anda dan rasakan perubahannya.
Pada windows 8, caranya hampir sama. Cuman bedanya kita bisa langsung menonaktifkan program yang dianggap tidak perlu dari task manager.

Kalau cara diatas belum bisa, ya saran saya silahkan install ulang saja windows anda.


Sebenarnya ada faktor yang mempengaruhi lamanya waktu booting windows, yaitu mulai melemahnya kinerja hardisk pada laptop. Hal ini disebabkan karena kita terlaku memaksakan hardisk kita untuk bekerja dengan maksimal, selain itu seringnya melakukan hard booting dapat mempengaruhi kinerja hardisk kita. Dan juga jangan terlalu sering install ulang OS karena itu juga mempengaruhi.

Begitulah yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Terima Kasih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar