ARJUNA Blog

Believe In yourself, don't let the people discourage you

Popular Post

Ads Here

Rabu, 12 Oktober 2016

Contoh Artikel (Pentingnya memiliki waktu untuk diri sendiri)



Hasil gambar untuk artikel
 
 Pentingnya Memiliki Waktu untuk Diri Sendiri

Setiap orang pasti punya kesibukannya masing-masing. Kesibukan setiap orang sangat beragam, seperti sibuk dengan pekerjaan kantor, sibuk dengan urusannya sendiri dan bahkan sibuk dengan kegiatan sekolah yang sangat menyita banyak waktu. Jika tidak bisa mengatur waktu dengan baik, pasti akan membuat badan maupun otak menjadi lelah. Kelelahan dan kurang tidur dapat menurunkan metabolisme tubuh sehinnga mudah dihinggapi penyakit. Oleh karena itu, sesibuk apapun luangkan waktu untuk beristirahat.

Menurut penelitian, orang yang sering begadang bisa menurunkan daya ingat otak. Hal ini karena otak terlalu lama bekerja dan tidak diistirahatkan sehingga membuat kemampuan otak menurun terutama dalam hal mengingat karena terdapat beberapa sel otak yang mati. Untuk mengatasinya bisa dengan cara mencari hiburan agar otak tidak terlalu lelah. Carilah hiburan yang bersifat positif dan dapat mengembalikan semangat untuk melanjutkan kesibukan.

Saat ini bukan hanya orang kantoran saja yang sibuk, melainkan anak sekolahan juga bisa sibuk. Bahkan terkadang kesibukannya lebih banyak daripada orang kantoran. Mereka disibukkan dengan kegiatan sekolah seperti ekstrakurikuler dan tugas yang harus selesai tepat waktu, ditambah lagi kegiatan-kegiatan di luar sekolah. Mereka harus berkorban banyak waktu terutama dalam mengerjakan tugas. Terlebih lagi jika tugas yang harus diselesaikan cukup banyak, maka mereka harus mengerjakannya samapi larut malam.

Kesibukan-kesibukan seperti itu bisa membuat stres. Perlu adanya suasana baru dan waktu untuk diri sendiri. Jika ada waktu luang gunakanlah waktu untuk diri sendiri misal, pergi ke suatu tempat yang indah seperti di desa dimana terdapat hamparan sawah dan deretan pegunungan yang berbaris rapi.

Suasana pedesaan seperti itu sangatlah berbeda dengan kehidupan di kota. Suasana yang tenang, damai, dan udara yang sejuk dapat membuat otak menjadi segar kembali. Selain itu, badan dan otak tidak akan cepat stres jika kegiatan tersebut dilakukan secara rutin. Dengan demikian, setiap orang harus memiliki waktu luang untuk diri sendiri dan harus pintar-pintar mengatur waktu.

Dengan pengaturan waktu yang baik, maka dapat diketahui kapan waktunya bekerja dan kapan waktunya untuk beristirahat. Ketika tidak bisa mengatur waktu, maka akan kewalahan dan banyak hal yang seharusnya sudah selesai menjadi tidak selesai karena pengaturan waktu yang tidak tepat.

Selain pengaturan waktu, yang harus diperhatikan juga pola hidup yang sehat. Seperti makan tepat waktu, makan makanan yang memiliki nilai gizi, berolahraga yang cukup, dan menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekitar. Hal-hal kecil seperti itu bisa membuat tubuh menjadi tidak mudah lelah.

Jangan terlalu sibuk dengan yang anda kerjakan sampai-sampai tidak ada waktu untuk diri anda sendiri. Pengaturan waktu yang tepat dan menjaga pola hidup sehat adalah cara yang bisa anda lakukan untuk menghindari kelelahan yang berlebih. Selalu jaga diri anda, sayangi diri anda dan jauhkan dari penyakit yang mudah menyerang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar